Pages

Teks Eksposisi

Hai sahabat!

Hari ini saya akan membawakan artikel dari salah satu materi Bahasa Indonesia yang saya dapatkan saat masih duduk dibangku kelas 10, yaitu Teks Eksposisi. Apa itu teks eksposisi? Teks Eksposisi adalah tulisan yang mengungkapkan gagasan untuk memperluas pengetahuan pembaca yang disajikan secara singkat dan padat dengan berdasar argumentasi yang kuat. Argumen yang kuat adalah argumen yang bersifat objektif/netral, informatif, dan memiliki data yang akurat untuk mengkonkritkan argumen.

Teks Eksposisi memiliki struktur sebagai berikut:

  1. Tesis
  2. Argumentasi, melibatkan pencarian data/fakta uang akurat untuk mendukung pernyataan pendapat.
  3. Penegasan ulang pendapat, dalam bagian teks ini pendapat/argumentasi akan ditegaskan lagi, namun tidak boleh berbeda dari argumentasi yang sudah di nyatakan.

Dalam teks eksposisi, terdapat pola-pola dalam menulisnya sebagai berikut:

  1. Pola definisi luas, adalah usaha penulis untuk memberikan keterangan atau arti terhadap sebuah kata/hal.
  2. Pola proses, adalah urutan tindakan-tindakan atau perbuatan-perbuatan suatu kejadian/peristiwa
  3. Pola ilustrasi, adalah sebuah gagasan umum yang memerlukan ilustrasi konkret untuk membuktikan suatu pendapat yang dapat menjelaskan maksud penulis.

Selain itu, kalimat dalam teks eksposisi dibagi menjadi 2, yaitu:

  1. Kalimat deduktif. Kalimat ini memiliki pola penulisan dari gagasan yang bersifat umum (gagasan utama) terlebih dahulu, barulah gagasan yang bersifat khusus (gagasan penjelasan)
  2. Kalimat induktif. Kalimat ini memiliki pola penulisan dari gagasan yang bersifat khusus terlebih dahulu, barulah gagasan yang bersifat umum.
Nah, itulah sekelibat tentang teks eksposisi yang saya dapatkan saat mendalami teks yang ada di materi Bahasa Indonesia kelas 10. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar: