Pages

Teks Eksplanasi Lengkap

Halo para teman seperjuangan dan sobat setia.

Hari ini saya akan membawakan lagi satu materi bahasa Indonesia, yaitu teks eksplanasi.

Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan rangkaian terjadinya suatu kejadian baik yang berhubungan dengan fenomena alam, sosial, budaya, politik, dan lain sebagainya. Seluruh isi teks eksplanasi berisi penjelasan-penjelasan suatu topik masalah. Contoh, teks eksplanasi yang menjelaskan tentang fenomena alam akan memberi penjelasan bagaimana terjadinya suatu fenomena alam, misalnya bagaimana terjadinya gempa bumi.

Teks ini menggambarkan hubungan sebab dan akibat dari proses. Dari teks ini juga bukan hanya menjelaskan bagaimana suatu kejadian terjadi, tapi juga para pembaca dapag menambah ilmu, dan juga menambah hikmah yang bisa dipetik.

Teks eksplanasi sebut sebagai teks yang mencerdaskan. Teks ini membuat orang-orang lebih banyak tahu setelah membacanya.

Ciri-ciri teks eksplanasi
1. Fakta yang jujur
Teks eksplanasi bukanlah teks berita. Teks eksplanasi ini hanya memuat penjelasan lengkap yang berdasar pada fakta-fakta yang ada. Pembuat teks eksplanasi harus jujur menjelaskan suatu topik tanpa diberikan tambahan opini atau berita bohong.

2. Keilmuan
Di dalam bahasa Indonesia, tidak semua teks yang berisi penjelasan merupakan teks ekplanasi. Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan fenomena ilmiah dan berisi ilmu pengetahuan. Jadi, teks yang menjelaskan tentang suatu mitos atau curhatan hati bukan teks eksplanasi.

3. Informatif
Teks berisi deretan kalimat/paragraf yang memberikan informasi penting untuk banyak orang.

4. Netral Dan Tidak Mempengaruhi
Teks ini tidak dibuat untuk mensugesti pembaca untuk mempercayai atau menyetujui apa yang dibahas. Teks haruslsh berisi penjelasan yang pasti, valid, penting, dan ilmiah tanpa ada unsur mempengaruhi orang lain.

5. Sistematika
Teksnya diawali dengan penjelasan umum, kemudian dilanjutkan dengan penjelasan sebab akibat, lalu ditutup dengan interpretasi.

6. Data yang akurat
Teks eksplanasi tidak bisa dibuat sembarang tangan. Teks ini bersifat penting yang menjelaskan suatu hal keilmuan yang bermanfaat, sehingga data yang diberi atau penjelasan yang ada harus bersumber dari data yang akurat. Sumber data atau penjelasan bisa dari hasil penelitian, jurnal yang memiliki kredibilitas yang baik, atau bisa juga hasil wawancara.

Teks eksplanasi sama seperti jenis teks lainnya. Teks ini mempunyai 3 struktur yang baku, yaitu:

1. Pernyataan Umum
Bagian pernyataan umum merupakan bagian terpenting agar teks yang dibuat terlihat menarik. Di  bagian awal harus berisi pernyataan tentang fenomena yang akan dibahas pada teks eksplanasi. Bukan hanya sekedar menyampaikan pernyataan, namun penting untuk dibuat menarik agar pembaca terpancing untuk terus membaca hingga akhir teks.

2. Deretan Penjelas
Pada bagian kedua ini akan dijelaskan mengenai hubungan sebab akibat pada fenomena yang dibahas. Maksudnya, bagian ini akan menjelaskan lebih rinci penyebab fenomena yang sedang dibahas, dan pastinya penjelasan yang rinci ini disertai data yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Lalu, dilanjutkan dengan pembahasan mengenai akibat yang ditimbulkan dari proses sebab yang tadi telah dijelaskan. Semua penjelasan sebab akibat di tulis secara runtut agar pembaca lebih mudah memahaminya.

3. Interpretasi
Bagian terakhir merupakan bagian penutup yang memuat tentang kesimpulan seisi teks. Setelah penjelasan panjang dari pembukaan yang menarik, sampai penjelasan hubungan sebab akibat dengan data yang valid, teks eksplanasi harus di tarik sebuah kesimpulan sebagai penutupnya.

Ciri kebahasaan/Kaidah kebahasaan yang digunakan:
• menggunakan istilah ilmiah untuk mendukung penjelasan suatu hal yang diungkap.
• menggunakan kata kerja material dan kata kerja yang relasional.
• sering dijumpai kata penghubung atau konjungsi.

Demikian penjelasan lengkap tentang teks eksplanasi. Terima kasih :)

Tidak ada komentar: