Pages

Contoh Proposal Ilmiah

PENGARUH KURIKULUM 2013 TERHADAP POLA HIDUP SISWA SISWI KELAS 11 SMA KRISTEN KANAAN JAKARTA


Wynne Gabriella
XI-MIA
SMA KRISTEN KANAAN JAKARTA
2017



BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
     Kemajuan teknologi di dunia modern semakin pesat, mendorong roda perkembangan pendidikan berputar semakin cepat. Seperti yang terjadi di Indonesia, pendidikan di Indonesia mengalami perubahan kurikulum dari kurikulum KTSP 2006 menjadi kurikulum K13. Kurikulum merupakan peran mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan. Kurikulum 2013 sangat menekankan pada pembentukan karakter, yang pada kurikulum ini murid adalah pusatnya. Tugas yang menggunung tentu akan membawa perubahan pada pola hidup siswa. Pola hidup yang penulis maksud adalah jam tidur dan keteraturan jam makan.
   Perubahan pola hidup akibat perubahan kurikulum ini penting untuk dibahas. Sebagaimana diketahui, jam tidur yang sedikit dan ketidak teraturan jam makan akan berdampak pada kesehatan tubuh, bahkan dapat menyebabkan kematian. Misalnya kasus kematian dokter Nurul Huda yang meninggal setelah bekerja selama 33 jam. Pada kesempatan ini, penulis akan meneliti pengaruh kurikulum 2013 terhadap pola hidup siswa XI-MIA Sekolah Kristen Kanaan Jakarta menggunakan metode kualitatif dengan teknik wawancara. Dengan metode kualitatif, penulis akan mengetahui seberapa besar dampak kurikulum 2013 ini terhadap jam tidur dan jam makan siswa. Penulis memilih teknik wawancara karena teknik ini sangat efektif untuk mengetahui bersarnya dampak Kurikulum 2013 yang menjadi tujuan utama penelitian.
     Dampak kurikulum 2013 terhadap pola hidup ini sangat penting untuk diteliti, karena banyak ditemukannya kasus-kasus kematian akibat kurang tidur dan pola makan yang tidak teratur tidak menutup kemungkinan terjadi diantara pelajar di Indonesia. Dalam hal ini, penulis mengerucutkan hanya lingkup kelas 11 IPA SMA Kristen Kanaan. Dengan mengetahui besarnya dampak perubahan kurikulum ini, diharapkan dapat mencegah terjadinya kasus-kasus serupa yang melibatkan pelajar Indonesia.

1.2 Rumusan Masalah
  1. Bagaimana pengaruh Kurikulum 2013 terhadap jam makan dan jam tidur siswa-siswi kels 11 IPA SMA Kristen Kanaan Jakarta? 

1.3 Tujuan Penelitian
        Karya tulis ini di tulis untuk:
  1. Mengetahui pengaruh Kurikulum 2013 terhadap jam makan dan jam tidur siswa siswi kelas 11 IPA SMA Kristen Kanaan Jakarta, dan
  2. Memenuhi tugas bahasa Indonesia.

1.4 Manfaat Penelitian
        Karya tulis ini ditulis agar:
  1. Dapat mengetahui pengaruh Kurikulum 2013 terhadap jam makan dan jam tidur siswa sehingga sedini mungkin dapat di bentuk kembali jam makan dan jam tidur yang sehat dan teratur
  2. Dapat mengetahui solusi yang baik untuk membentuk kembali jam makan dan jam tidur yang sehat dan teratur
1.5 Hipotesis
       Kurikulum 2013 sangat berpengaruh terhadap jam makan siswa dan membuat jam tidur siswa kurang dan tidak teratur.




BAB II
LANDASAN TEORI

2.1 Pengertian Pengaruh
     Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengaruh adalah daya yang ada atau timbul dari sesuatu (orang, benda) yang ikut membentuk watak, kepercayaan, atau perbuatan seseorang. 

2.2 Pengertian Kurikulum 
     Menurut Hilda Taba, kurikulum adalah sebuah rancangan pembelajaran yang disusun dengan membertimbangkan berbagai hal mengenai proses pembelajaran serta perkembangan individu.

2.3 Pengertian Pola
    Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, pola adalah sistem, cara kerja, bentuk (struktur) yang tetap. 

2.4 Pengertian Hidup
     Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, hidup dapat diartikan sebagai masih terus ada, bergerak, dan bekerja sebagaimana mestinya (tentang manusia, binatang, tumbuhan, dan sebagainya).

2.5 Pengertian Siswa
     Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, siswa adalah murid (terutama pada tingkat sekolah dasar dan menengah); pelajar.

2.6 Pengertian Siswi
     Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, siswi adalah murid perempuan.



BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
3.1 Jenis Penelitian
     Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis untuk menulis proposal penelitian yang berjudul “Pengaruh Kurikulum 2013 terhadap Pola Hidup Siswa Siswi Kelas 11 IPA SMA Kristen Kanaan Jakarta” adalah jenis penelitian kualitatif. Penulis akan menggunakan penelitian kualitatif dalam menyatakan seberapa besar pengaruh Kurikulum 2013 terhadap pola hidup siswa-siswi kelas 11 IPA SMA Kristen Kanaan, apakah besar atau kecil. 
     Dikutip dari KBBI, kualitatif adalah berdasarkan mutu. Menurut Sugiyono tersebut adalah penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek alamiah dimana peneliti merupakan instrumen kunci.

3.2 Metode Penelitian
     Metode penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penulis memilih metode penelitian ini karena penelitian dengan cara ini adalah metode yang paling tepat menurut penulis. Penelitian deskriptif kualitatif adalah penelitian kualitatif dengan data yang deskriptif berupa kata-kata tertulis atau ucapan pelaku yang sedang diamati. 

3.3 Teknik Penelitian
    Teknik penelitian yang digunakan penulis adalah wawancara terbuka, karena menurut penulis dengan metode deskriptif kualitatif seperti yang sudah dijelaskan dalam subbab sebelumnya, data penelitian kali ini berupa kata-kata tertulis atau ucapan pelaku yang sedang diamati, artinya kata-kata atau ucapan yang akan menjadi data lebih efektif di peroleh melalui proses wawancara terbuka.
     Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, wawancara terbuka adalah tanya jawab peneliti dan narasumber yang berdasarkan pertanyaan yang tidak terbatas (tidak terikat) jawabannya. 




DAFTAR PUSTAKA
https://kbbi.web.id/pengaruh
http://www.academia.edu/4598768/KURIKULUM_MENURUT_PARA_AHLI 
https://kbbi.web.id/pola 
https://kbbi.web.id/hidup 
https://kbbi.web.id/siswa 
https://kbbi.web.id/siswi 
https://kbbi.web.id/kualitatif
http://pengayaan.com/pengertian-penelitian-kualitatif-menurut-sugiyono/ 
http://www.maribelajarbk.web.id/2014/12/perbedaan-dan-persamaan-kualitatif-dan-kuantitatif.html?m=1
https://kbbi.web.id/wawancara 

Tidak ada komentar: